Teknologi Pangan yang digunakan Kimbo Kitchen


Suatu makanan bisa bertahan lama, biasanya dapat melalui 2 macam cara, yaitu dengan  (1) penambahan pengawet, dan (2) penggunaan teknologi pengolahan pangan yang baik.

 

Teknologi Retort  dalam pengolahan pangan cukup banyak digunakan, yaitu satu teknologi yang berprinsip memasak dengan pemanasan suhu tinggi dan tekanan tinggi.  

Wadah yang digunakan dalam teknologi ini biasanya adalah wadah kaca ataupun kaleng.  Namun sejak tahun 1990-an, sudah mulai digunakan wadah dalam bentuk pouch.  Dimana pouch ini terbuat dari material utama berupa alluminium foil dan beberapa lapisan plastic yang sangat khusus, sehingga mampu bertahan dalam suhu dan tekanan tinggi. 

 

Urutan proses pembuatan makanan dengan teknologi retort ini dimulai dengan
(1) persiapan bahan mentah dan memasukan semua bahan beserta bumbu dan bahan-bahan lain ke dalam kemasan pouch,

(2) melakukan penutupan kemasan,
(3) memasukan pouch yang ber-isi bahan makanan ke dalam sebuah mesin retort,
(4) memasukan air ke dalam mesin retort sebagai media penghantar panas,
(5) mulai proses “pemasakan” di dalam mesin dengan cara memanaskan air yang ada di dalam mesin hingga mencapai suhu dan tekanan tertentu, dalam periode yang diperlukan untuk memasak bahan makanan yang sudah dimasukan. 

Di samping proses “pemasakan” pada saat yang bersamaan terjadi juga proses me-non-aktif-kan banyak enzim makanan yang merugikan
(6) setelah proses pemasakan selesai, maka air akan dibuang, dan makanan di dalam pouch sudah siap untuk dimakan dan dapat bertahan dalam periode waktu tertentu.

 

Teknologi dengan penggunaan kemasan pouch ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan kemasan kaleng maupun wadah kaca, di antaranya adalah :

(1)    Lebih mudah dalam pembukaan wadah kemasan.

(2)    Kemasan pouch ini lebih mudah menghantar panas, sehingga proses me-non-aktif-kan enzim menjadi lebih singkat, sehingga makanan menjadi lebih ber-kualitas.

Namun dalam teknologi ini, perlu sekali dijaga agar kemasan tidak menjadi cacat atau sobek.  Apabila kemasan sudah menjadi cacat atau sobek, maka akan meng-aktif-kan kembali enzim makanan yang merugikan, dan menyebabkan makanan menjadi rusak.

KIMBO KITCHEN dalam proses produksinya meng-adopsi teknologi retort ini, sehingga produk makanan yang diproduksi oleh Kimbo Kitchen tentunya terjamin kualitasnya. 
Bahkan dengan menggunakan teknologi ini, Kimbo Kitchen sama sekali tidak menambahkan bahan pengawet ke dalam makanan yang diproduksinya.  Daya tahan dari produk Kimbo Kitchen semata-mata adalah hasil dari penerapan teknologi mesin dan teknologi kemasan yang modern.

KIMBO KITCHEN  aman dan terjamin kualitasnya.